Belajar Port USB

     Hai semuanya, kembali lagi di blog saya. Kali ini saya akan membagikan pengetahuan tentang port serial.

Port USB

    Port USB terdiri dari dua kata, yaitu Port yang berarti  tempat untuk memasukkan kabel/peripheral lainnya ke  dalam komputer dan USB yang merupakan singkatan  Universal Serial Bus atau standar interface sebuah device.
    Sehingga pengertian dari Port USB adalah hubungan serial  antara periferal dengan komputer. Port USB merupakan  suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk  menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scanner,  printer, mouse, keyboard, alat penyimpan data (zip drive),  flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke dalam  komputer.

Bentuk Port USB


Pin Port USB


       Komputer (PC) umumnya sudah memiliki port  USB. Biasanya disediakan minimal 2 port. Jika  dibandingkan dengan paralel port dan serial port,  penggunaan port USB lebih mudah dalam  penggunaannya. Konektivitas antara PC (Personal  Computer) dengan perangkat USB dihubungkan  dengan kabel khusus. Sebuah kabel berisi empat  buah kawat menghubungkan periferal ke PC  melalui port USB yang terdapat pada keduanya. Di  dalam kabel tersebut, dua kawat akan menangani  transmisi data, sebuah lagi menangani ground dan  sebuah lagi memasok daya sebesar lima volt ke  periferal.

Kelajuan Pemindahan Port USB

USB memiliki 3 kelajuan pemindahan data:
  1. Kadar Kelajuan Rendah 1.5 Mbit/s (183 KiB/s) yang  biasanya digunakan oleh Peranti Antaramuka Manusia (HID)  seperti papan kekunci, tetikus dan kayu bedik.
  2. Kadar Kelajuan Penuh 12 Mbit/s (1.4 MiB/s). Kadar Kelajuan  Penuh adalah kelajuan tertinggi USB sebelum piawaian USB
2.0 dan kebanyakan peranti jatuh ke Kelajuan Penuh. Peranti
Kelajuan Penuh.
  1. Kadar Kelajuan Tinggi 480 Mbit/s (57 MiB/s). Tidak semua  peranti USB 2.0 menggunakan Kelajuan Penuh. Sebuah peranti  USB seharusnya menyatakan kelajuan sebenar yang digunakan  dengan melabelkan dengan tepat pada kotak atau pada  peranti. USB-IF mengesahkan peranti dan menyediakan lesen  untuk menggunakan logo pemasaran khas sama ada "Kelajuan  Asas" ataupun Kelajuan Penuh selepas melepasi ujian  keserasian dan membayar iuran pelesenan.
Kelebihan Port USB

    Komputer bisa diposisikan menjadi sebuah host.
    Lebih dari 127 perangkat dapat tersambung ke  komputer secara langsung menggunakan HUB  USB.
    Kabel USB yang digunakan secara langsung bisa  mencapai 5 meter. Sedangkan jika menggunakan  perangkat HUB bisa mencapai 30 meter.

    Perangkat USB bersifat “hot swappable” artinya  perangkat keras yang sudah menggunakan port  USB bersifat plug and play.

     Sekian Informasi yang dapat saya berikan semoga bermanfaat bagi kalian semua, jangan lupa mampir terus di blog ini, jika kalian mempunyai ide untuk saya yang ingin di sampaikan lewat blog ini silahkan tulis di komen ya....... Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN