Belajar Port Input Output

       Hai semuanya, kembali lagi di blog saya. Kali ini saya akan membagikan pengetahuan tentang port Input dan Output.

port adalah salah sebutan untuk suatu lubang-lubang penghubung perangkat yang berada di komputer di luar casing.

dalam hal ini port input output terbagi menadi 2 bagian yaitu :


*        Peripheral komputer
merupakan sebuah perangkat yang terhubung ke komputer tetapi bukan bagian dari inti arsitektur komputer. Adapun elemen inti sebuah komputer adalah CPU (central processing unit), power supply, motherboard dan Case komputer.
Ada banyak perangkat peripheral yang berbeda, tetapi dapat dibagi ke dalam tiga kategori umum sebagai berikut:
  1. Perangkat Input (Input Device), seperti Keyboard dan Mouse
  2. Perangkat Output (Output Device), seperti Monitor dan Printer
  3. Perangkat Penyimpanan (Storage Device), seperti Hard Disk Drive dan Cloud Storage
*        interface
Dalam terminologi perangkat lunak, interface bisa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya. Sedangkan dalam terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu system.
Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI).
*        CLI adalah tipe interface dimana pengguna berinteraksi dengan system operasi melalui text terminal.
*         GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan system operasi melalui gambar-gambar grafik



Perbedaan Socket, Slot & Port Pada Motherboard Sebuah Komputer

      Port : seperti namanya yang sudah tidak asing lagi, port adalah lubang-lubang pada bagian motherboard yang berada di sisi luar casing (bukan didalam casing) yang biasanya untuk menancapkan kabel usb, kabel LAN, flashdisk dll

Socket : berbeda dengan port socket adalah nama dari tempat untuk meletakkan sebuah Processor. Socket berada didalam Casing.

Slot : slot juga termasuk colokan akan tetapi pasangan dari slot adalah komponen hardware yang berada dalam motherboard seperti memory, VCA card dll.


Pengertian, Macam dan Fungsi Port Input dan Output

*        Port I/O adalah tempat dimana sebuah connector I/O dipasang dan semua itu masih dalam control processor. Port I/O paling banyak berada pada komponen motherboard pada CPU, port ini digunakan untuk menghubungkan setiap komponen komponen perangkat hardware lainnya.
*        Setiap jenis dari port port tersebut memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda beda

Jenis jenis port I/O

*        port paralel
Port parallel adalah port komunikasi dari komputer yang datanya dikirim dengan sistem parallel, yaitu 8 bit dikirim langsung bersama-sama dari bit 0 – bit 7. Port parallel sering digunakan pada hardware seperti printer, scanner dan proyektor.
*        Port Serial (COM 1 dan COM 2)
Kebalikan dari port parallel, pada port serial merupakan port komunikasi dari komputer yang datanya dikirim melalui sistem serial. Yaitu 8 bit dikirimi bergantian dari bit 0 sampai bit 7 . Kabel connector COM 1 memiliki 9 pin sedangkan pada COM 2 memiliki 25 pin.

*        Port PS/2
Port ini terdapat pada komponen CPU. Biasanya port ini digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Terdapat 2 port ps/2 pada setiap komputer dengan warna berbeda
*        Port USB (Universal Serial Bus)
USB merupakan port serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Port ini biasanya digunakan untuk menghubungkan flasdisk, Mouse USB, Keyboard USB dna komponen lain yang menggunakan port usb sebagai connectornya

*        Port VGA
Port VGA tersusun atas 3 baris dan memiliki jumlah 15 pin betina (female connector) yang berguna untuk menghubungkan VGA card ke Monitor.
*        Port Audio
Port ini digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti speaker, microphone , headset dan perangkat audio lainnya.
*        Port FDD/ IDE
Port FDD/IDE terletak pada bagian dalam motherdboard. Port ini digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti floppy disk, Hardisk dan Sd-rom.
*        Port LAN
ini digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer ke jaringan komputer lainnya sehingga terjadilah komunikasi antar komputer.

Port I/O sebagai interface

       Interface adalah batas bersama di mana dua atau lebih komponen yang terpisah dari suatu sistem pertukaran informasi komputer. Piranti masukan berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan atau perintah dari luar dan Piranti keluaran Berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan atau menampilkan keluaran dari hasil pengolahan data. I/O port merupakan Media penghubung (interface) untuk menerima dan mengirim data. Contoh: USB port, Serial port, Paralel port dan sebagainya.

       Sekian Informasi yang dapat saya berikan semoga bermanfaat bagi kalian semua, jangan lupa mampir terus di blog ini, jika kalian mempunyai ide untuk saya yang ingin di sampaikan lewat blog ini silahkan tulis di komen ya....... Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Belajar Port USB