Belajar Port Paralel

      Hai semuanya, kembali lagi di blog saya. Kali ini saya akan membagikan pengetahuan tentang port serial.

Port Paralel

*     Definisi
Port parallel merupakan salah satu tipe antarmuka pada komputer  untuk berhubungan dengan perangkat peripheral. Port parallel  dikenal juga dengan sebagai printer port atau centronics port.

*     Fungsi
Fungsi port paralel adalah sebagai penghubung motherboard  dengan printer jenis lama, beberapa Scanner, Sound Cards,Web  Cams, Gamepads, Joystick, dan External CD-R atau CD-RW
.
Dewasa ini, antarmuka port paralel mulai jarang digunakan karena  berkembangnya teknologi port Universal Serial Bus (USB) dan  FireWire devices (High speed serial bus).

Konfigurasi Port Paralel DB-25



Konfigurasi Port Paralel

    Pada parallel port DB-25, Data dikirim sebanyak 1 byte (8-bit)  dalam sekali detak melalui pin ke-2 hingga pin ke-9 (D0-D7 =  Data pin) kepada perangkat periferal. Data yang dikirim berupa  biner yang direpresentasikan dalam bentuk sinyal tegangan  (Misal : 0V untuk 0 dan +5V untuk 1)
    Untuk menerima data dari perangkat periferal, digunakan 5 buah  status pin (pin 10,11,12,13,15). Setiap pin dapat menerima 1 bit  data dalam sekali detak.
    Terdapat 4 buah pin kontrol (C0-C3 = pin 1,14,16,17). Control  pin dapat mengirim data ke perangkat peripheral dan juga  menerima data dari periferal. Pin ini bersifat bidireksional.
Berbeda dengan  data  pin  dan  kontrol pin, mereka bersifat uni-
direksional (dapat menerima atau mengirim data SAJA).
    Pin-pin sisanya (pin 18-25) adalah ground pin. Dibentuk hanya  untuk melengkapi rangkaian.

Mode Operasi Port Paralel

    Mode Kompatibilitas
Mode kompatibilitas atau (“Mode Centronics”)  hanya dapat mengirimkan data ke perangkat  periferal pada kecepatan 50 kbytes per detik  hingga 150 kbytes per detik.
    Mode Nibble
Dapat menerima 4 bit (nibble) pada arah yang  mundur, misalnya dari alat ke komputer
    Mode Byte
Menggunakan fitur bi-directional parallel
    Mode Enhanced Parallel Port (EPP)
    Mode Extended Capability Port (ECP)

Aplikasi Port Paralel

Dewasa ini, kebanyakan port parallel telah  digantikan perannya dengan port USB.  Namun, berikut disajikan beberapa  komponen perangkat keras yang  menggunakan port parallel:
  1. Printer
  2. Scanner
  3. External Drives
Kelebihan & Kekurangan

*    Kelebihan
Pengiriman data cepat
*    Kekurangan
Ø Menggunakan banyak jalur
Ø Hanya efektif untuk jarak pendek 
Ø Dewasa ini sudah jarang digunakan


        Sekian Informasi yang dapat saya berikan semoga bermanfaat bagi kalian semua, jangan lupa mampir terus di blog ini, jika kalian mempunyai ide untuk saya yang ingin di sampaikan lewat blog ini silahkan tulis di komen ya....... Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Belajar Port USB