Contoh Complain Letter

         Hai semua....., Kembali lagi di blog saya. Kali ini saya akan membagikan pengetahuan tentang Complain letter.

        Pertama-tama apa itu Complain letter ?, comlain letter adalah surat keluhan, surat keluhan ini biasanya berisi suatu ketidakpuasan atau pun ketidaksesuaian dari suatu perjanjian atau pada suatu persetujuan.

        Didalam kehidupan kebanyakan complain latter ini di pergunakan sebagai keluhan pada kesalahan order, diantara kalian pasti pernahkan menerima order yang salah atau tidak sesuai dengan yang di dinginkan.

        Mungkin sebagian besar dari kalian jika menerima orderan yang salah akan langsung ke tokonya atau bisa via chatting bila di online shop, kalian tidak akan pusing harus menulis atau berkata apa bila ingin complain ke toko karena kalian beli barang masih di indonesia. dan sekarang bagaimana cara kalian  complain yang benar kepada toko jika toko itu berada di luar negeri ?, nah untuk itu saya akan memberikan contoh kepada kalian tentang surat complain dengan format yang benar.

1. Urutan Surat 

    a. Name of sender's (nama pengirim)
    b. Sender's Addressee (alamat pengirim)
    c. Date (tanggal penulisan surat)
    d. Name / Designation of Addressee (nama atau jabatan / instansi sang penerima)
    e. Address of the Addressee (alamat penerima)
    f. Salutation (salam)
    g. Subject (hal yang ingin di bahas)
    h. Body – Introduction, Content, Conclusion (isi dari surat)
    i. Complimentary Close (penutup surat)
    j. Signature / Name of the Sender (tanda tangan dan nama dari pengirim)
    k. Designation of the Sender (penunjukan pengirim (comtoh : anda itu sebagai customer, general manager, atau hal yang menunjukan kalian itu siapa terhadap si penerima ini).

       Setelah kalian melihat urutan-urutannya, nah berikut ini saya lampirkan sebuah contoh suratnya yang telah saya buat.

2. Contoh Surat Complain Letter


I Gusti Ngurah Oka
Jl. Bahagia RT.015 RW. 029
North Bekasi
February 18, 2020
The Manager
Raja Komputer Store

Taman Harapan baru Shop House no. 46
West Bekasi
Dear Sir,
Sub.: Complaint against Order Printer
This is with reference to the Order Printer place on Februari 05, 2020. The order consists of color and type of the Printer. As per the agreement, we were promised of receiving the order latest by February 15, 2020 and on February 17 the order just arrived. First of all the order did not reach in time. Also, the type of the printer and color selected for printer is not matching with the selected one.
I thought the package contained a letter of apology for the color or type of the printer was empty and so that I could understand, and it turned out that the message was not there and I felt deceived.
I asked the store to be able to provide the printer I ordered before February 25, 2020 and send it back to me. I will also return this wrong order if the order I want has been received. I sincerely request you to look into the matter and do the needful as soon as possible.
Thanking you.

Yours truly
I Gusti Ngurah Oka

The Customer
            Setelah melihat contoh diatas, saya harap kalian dapat membuatnya dengan kata-kata kalian sendiri, karena di sana saya sudah memberikan contoh yang sangat jelas dan membedakannya dengan warna agar kalian dapat lebih mudah mengerti tentang urutan dan cara membuat complain letter ini.
             Mungkin segitu saja dari saya, bila kalian ingin memberikan ide untuk saya bahas  atau apapun itu silahkan komen di bawah ya. Terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Belajar Port USB